Published On: Mon, Feb 27th, 2017

Sajian menu Makanan Halal untuk Raja Salman

BERITABENAR-PERSIAPAN demi persiapan dilakukan untuk menyambut kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis Al Saud, ke Indonesia. Selain pengamanan dan protokoler kedatangan Raja Salman, tempat penginapan juga dipersiapkan.

Selama berada di Indonesia Raja Salman akan menginap di Hotel Raffles, Jakarta, dan Hotel The St Regis Bali Resort, di kawasan Nusa Dua, Badung. Di Hotel Raffles Raja Salman dan sebagian rombongannya memesan 173 kamar.

Marketing Communicatios Exeaitive Raffles Hotel Jakarta, Monica Agusta, menuturkan pihaknya melakukan persiapan normal seperti meski ia mengetahui hotelnya akan disewa delegasi kerajaan Arab Saudi. “Kami siap melayani tamu seperti pada umumnya. Tapi tidak ada permintaan khusus dari kerajaan Saudi terkait rencana delegasi Raja Salman menginap, termasuk menu makanan,” ujarnya.

Ia menjamin semua makanan yang disajikan berstatus halal, termasuk menu toesterti cuisitie. Sementara itu, berdasarkan pantauan, pengamanan hotel juga terbilang ketat lantaran prosedur pengamanan yang mengharuskan setiap kendaraan yang masuk ke area hotel, harus melalui pemeriksaan metal detektor dan dibuka bagasinya.

Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol Rikwanto membenarkan adanya sejumlah gladi bersih di Bandara I Ialur maupun di Hotel Raffles. Memang sudah mulai dilakukan gladi bersih.
“Rencana pengamanan terus disusun. Kami pastinya siap mengamankan bersama dengan unsur pengamanan yang lain,” ujar Rikwanto, kemarin.

Polisi juga menyiapkan tim gegana untuk mensterilkan hotel tersebut sebelum kedatangan Raja Salman dan rombongan. “Salah satunya di Hotel Raffles. Namanya juga raja yang datang, kalau membawa pengamanan sendiri pun kami akan koordinasi dengan Paspampres,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Vuwono di Mapolda Metro Jaya.
I Iotel Raffles letaknya tak jauh dari Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi di Jakarta. Di sekelilingnya ada dua hotel internasional lain, yaitu I Iotel Ritz Carlton dan JW Marriott.

Kunjungan kenegaraan Raja Salman akan berlangsung dari 1-3 Maret. Ia akan mengunjungi Istana Bogor, DPR, dan Masjid Istiqlal. Pada 4 hingga 9 Maret, Raja Salman dan rombongan akan berada di Bali untuk beristirahat.

Sebelum bertolak ke Indonesia, Raja Salman terlebih dahulu ke Malaysia. Di Malaysia kedatangan Raja Salman disambut di Parliament Square.

Kedatangan Raja Salman ke Kota Bogor membuat wilayah ini sibuk berbenah diri. Pasalnya, jalan yang kemungkinan akan dilintasi rombongan Raja Arab itu adalah jalan, yang sehari-hari, penuh oleh lapak pedagang dan parkir kendaraan.

Jalan-jalan yang akan dilewati Raja Salman, di an taranya Jalan Otto Iskan-dardinata, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Informasi yang diterima Tribun dari Penerangan Korem, rute yang akan dilalui oleh Raja Salman adalah Tol Jagorawi – Jalan Pajajaran melintasi Terminal Baranang Siang, Jalan Ottista menuju ke Jalan Ir H Djuanda. (tribun-network/ike/bemama/wly)