Published On: Tue, Aug 16th, 2016

Salah Angkat Menteri, Yusril Ihza Mahendra Sebut Jokowi Amatiran!

Johanes Chandra Ekajaya

Nama Archandra Tahar memang menjadi isu politik yang sangat panas akhir akhir ini. Pria yang menjabat sebagai Menteri ESDM ini akhirnya diberhentikan secara hormat oleh Presiden Joko Widodo karena status kewarganegaraan yang ia miliki. Pria yang kerap disapa Candra tersebut kabarnya merupakan warga Amerika Serikat seteleh melalui proses naturalisasi di tahun 2012. Terkait kesalahan Presiden Joko Widodo dalam melantik Menterinya, pengamat Hukum Tata Negara Yuzril Ihza Mahendra pun bersuara.

Menurutnya pemimpin saat ini merupakan orang amatiran yang belum bisa mengurus negara. Keputusan yang diambil Joko Widodo saat melantik Archandra Tahar begitu memalukan. Tidak sampai disitu, Yusril juga menyatakan jika seharusnya menteri-menteri saat ini memberikan penjelasan mengenai status kewarganegaraan yang dipegang oleh Archandra. Jangan membela, justru nantinya akan membungungkan masyarakat. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Merdeka (16/8/2016).

Archandra Tahar sendiri baru saja dilantik pada akhir bulan Juli lalu. Dengan keputusan Presiden kali ini, Archandra Tahar tercatat sebagai menteri yang masa jabatannya paling singkat yakni hanya 20 hari saja.

Untuk menggantikan posisi Archandra Tahar, presiden akhirnya menunjuk Menko Maritim Luhut Binsar pandjaitan untuk menjabat sebagai menteri ESDM sementara. Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Pratikno selaku Menteri Sekertarian Negara Republik Indonesia. Archandra Tahar resmi berhenti dari jabatannya mulai dari hari ini (16/8/2016).