Published On: Tue, Apr 5th, 2016

Sebanyak 86 Peserta Tidak Mengikuti UN 2016

86-peserta-un-di-jember-mengundurkan-diri
Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang serentak diadakan mulai tanggal 4 April 2016 di Indonesia sejauh ini berjalan lancar. Tapi, ada sebanyak 86 peserta Ujian Nasional di tingkat SMA dan SMK yang berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur dinyatakan telah mengundurkan diri dan tidak mengikuti UN yang berlangsung dari tanggal 4 April hingga 7 April 2016 ini.

“Sebanyak 87 siswa tidak mengikuti Ujian Nasional (UN) yang terdiri dari 86 siswa dengan alasan mengundurkan diri dan satu siswa lainnya izin karena sakit,” ungkap Tatang Priyanggono selaku Kepala Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Jember, seperti yang Berita Benar lansir dari laman Liputan6, Selasa (05 April 2016).

Tatang menambahkan siswa yang telah dianggap mengundurkan diri yaitu nama siswa atau siswi yang telah tercatat ke dalam daftar nominasi tetap (DNT) sebagai peserta UN tingkat SMA atau sederajat, tapi tidak hadir mengikuti Ujian tersebut.

“Dari mereka yang tidak mengikuti Ujian Nasional (UN) memiliki berbagai faktor, diantaranya yaitu karena harus pindah ikut orang tuanya bekerja sebelum ujian, terjerat kasus hukum, meninggal dunia, dan alasan lainnya karena keluarga” ujar Tatang.

Tatang menjelaskan, bagi siswa atau siswi yang tidak bisa hadir untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) dengan alasan sakit, bisa mengikuti ujian susulan yang akan digelar pekan depan. Siswa yang izin tersebut kini masih menjalani rawat inap disalah satu Rumah Sakit.

“Dinas Pendidikan melalui masing-masing sekolah sudah memberikan pemahaman dan penyuluhan kepada siswa untuk tetap mengikuti UN dan tidak mengundurkan diri. Namun kami tidak bisa berbuat banyak kalau yang bersangkutan tetap memutuskan untuk mundur sebagai peserta UN,” ujar Tatang dilansir dari Antara.