Published On: Thu, Oct 8th, 2015

Sebuah Pesta Pernikahan Di Yaman Dihadiahi Bom Mematikan

Sebuah acara pernikahan disebuah kota menjadi pengeboman. Kota yang sedang dilanda kisruh pemberontakan di Yaman itu menelan korban jwia setidaknya 13 orang tewas ditempat dan 38 orang lainnya cedera.

Bom yang diduga salah sasaran itu menyasar ke sebuah rumah yang sedang melangsungkan sebuah acara pernikahan di Sanban, provinsi Dhamar, sekitar 100 kilometer di selatan Sanaa,Yaman. Kejadian tragis ini belum diketahui darimana kedatangan bom tersebut. Namun sebuah koalisi pro-pemerintah yang dipimpin Saudi sejak Maret lalu meluncurkan serangan udara guna mendukung Presiden Abedrabbo Mansour Hadi dalam melawan para pemberontak Syiah Houti yang didukung Iran. Koalisi tersebut telah dituduh terlibat beberapa serangan mematikan yang menimpa warga sipil.

Koalisi pemerintah Saudi membantah bahwa bom yang meluncur ke pesta pernikahan itu bukan jet tempurnya yang mengirim bom ke dekat kota Mokha di kawasan Laut Merah, yang telah menewaskan setidaknya 131 orang. Kejadian yang berlangsung bulan Maret itu dikomentari PBB sebagai peristiwa paling mematikan sejak Maret, ketika koalisi yang berbasis di Riyadh itu meluncurkan perang udara sementara para pemberontak maju di kota Aden yang merupakan kota kedua terbesar di Yaman.

Sperti data yang telah dihimpun PBB, kejadian mematikan Maret lalu sekitar 5.000 orang telah tewas dan 25.000 orang lainnya terluka, banyak dari mereka warga sipil, selama tujuh bulan terakhir di Yaman. Tapi, setidaknya kejadian baru sekarang tidak banyak menelan banyak korban, hingga saat ini pemerintah kota Yaman masih mencari darimana datangnya bom tersebut.