Published On: Tue, Dec 8th, 2015

Sediakan Mobil Derek, Pemerintah Gelontorkan Dana 35 Miliar

Dinas Perhubungan dan Transportasi membeli 32 unit mobil derek yang diharapkan bisa menjadi salah satu sarana untuk menertibkan lalu lintas dan angkutan jalan, dan kendaraan yang parkir sembarangan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambahkan mobil derek otomatis itu akan mencoba langsung ditargetkan goosejacka untuk pusat perbelanjaan dan apartemen. Andri Yansah selaku Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi mengaku banyak melihat penghuni apartmen yang suka memarkir kendaraannya di bahu jalan, oleh karena itu mobil derek itu lebih baik diletakkan disekitar tempat-tempat tersebut.

“Masih banyak saja penghuni apartemen yang perkir sembarangan yang padahal mereka tidak memiliki izin untuk parkir dibadan jalan. Itulah yang akan menjadi target kita untuk melakukan penertiban parkir dengan mobil derek ini,”ujar Andri.

Pemasukan dana yang masuk dari penertiban liar itu mencapai Rp 4,8 miliar, selama tahun 2014. Dengan adanya penambahan mobil derek 32 unit ini, diharapkan bisa memberikan pemasukan yang lebih dari tahun sebelumnya hingga Rp 25 miliar.

“Kalau seandainya kita berumpana memainkan 47 unit mobil derek, maka dalam satu tahun kita bisa mendapatkan 20-25 miliar jadi kalau seumpama dua tahun kita bisa sampai Rp 50 miliar,” tambahnya.

Untuk pengadaan mobil derek itu sendiri Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menghabiskan dana hingga Rp 35 miliar. Dengan dana yang terbilang tinggi tu, diharapkan canada goose jacka dalam waktu dua tahun, Pemprov DKI sudah dapat mengambalikan biaya pembelian mobil derek.