Published On: Tue, Feb 28th, 2017

Sejumlah Kementerian Korut Dukung Operasi

BERITABENAR-Sejumlah kementerian pemerintah Korea Utara (Korut) terlibat dalam operasi pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong-un.

Hal ini dinyatakan sejumlah anggota parlemen Korea Selatan (Korsel) yang mendapat penjelasan dari badan intelijen nasional mereka. “Di antara delapan tersangka di kasus ini, empat orang berasal dari kementerian keamanan negara dan dua orang lain berasal dari kementerian luar negeri,” kata Lee Cheol-woo, salah satu anggota parlemen yang mendapat penjelasan dari badan intelijen itu, Senin (27/2). “Itulah kenapa ini menjadi kasus terorisme yang diprakarsai oleh negara, yang secara langsung diorganisasikan oleh kementerian keamanan negara dan kementerian luar negeri,” imbuh Lee.

Polisi Malaysia telah mengidentifikasi delapan warga Korut sebagai tersangka atau saksi yang perlu dimintai keterangan. Di antara mereka ada pejabat Kedutaan Besar Korut di Malaysia, yang diyakini masih ada di negeri itu.

Anggota parlemen lain yang juga ikut mendapat penjelasan intelijen, Kim Byung-kee, menyebut Korut menerjunkan tiga tim dalam operasi pembunuhan itu. Dua tim yang masing-masing beranggotakan petugas dari kementerian luar negeri dan kementerian keamanan negara bertanggung jawab merekrut pelaku yaitu perempuan warga Indonesia dan Vietnam dan membawa mereka ke Malaysia untuk melaksanakan
serangan. Tim ketiga bertindak sebagai penyedia dukungan dan logistik. Kim menambahkan pejabat Kedubes Korut di Kuala Lumpur, Hyon Kwang-song, diyakini terkait dengan kementerian keamanan negara dan menjadi bagian dari tim pendukung. Seorang warga Korut lain yang sudah ditangkap polisi Malaysia, Ri Jong-chol, juga diyakini menjadi bagian dari tim pendukung.

Sejauh ini otoritas keamanan Malaysia belum mengungkap dan tak mau berkomentar soal peran dari para warga Korut yang sudah mereka tangkap atau yang masih dalam pencarian. Total ada delapan warga Korut yang diidentifikasi otoritas keamanan Malaysia terlibat.