Published On: Tue, Feb 21st, 2017

Sekolah di Sungaipisang Belum Bisa Internet

BERITABENAR-Sekolah diharapkan bisa menjadi rumah kedua bagi anak Karena im harus diperhatikan kebersihan dan kerapian sekolah sehingga bisa menjadi tempat belajar yang aman bagi anak.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius di hadapan para siswa saat berkunjung ke SMPN 37 dan SDN 13Sungai-pisang, kemarin.

Barlius mengatakan, jika hal itu sudah dilaksanakan maka prestasi akan muncul dengan sendirinya, karena anak sudah menjadikan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan. Sebaliknya, sekolah akan seperti neraka bagi anak-anak, sehingga anak-anak bolos sekolah, berkelahi dan melakukan perilaku negatif lainnya.

“Kami berharap para guru bisa memberi motivasi dan semangat kepada anak-anak sehingga anak-anak bisa belajar dengan baik,” katanya.

Barlius juga menegaskan, pendidikan di pusat kota atau pinggiran, tak ada yang berbeda “Cerdas tidaknya seorang anak tergantung peran para gurunya Kalau anak-anak diposisikan menjadi anak cerdas maka mereka akan cerdas,” tuturnya.

Sebaliknya, jika murid sudah dicap sebagai anak pinggiran dan terbelakang maka mereka akan terbelakang dan tidak percaya diri.

Begitu juga kepada guru, Bariius mengimbau ikhlas menjalankan tugas. Selain mendapatkan gaji juga dapat pahala, karena perjuangan ke sekolah luar biasa.

Kepala SMPN 37 Sungaipisang Sukasdianto mengatakan, di sekolah itu hanya ada lima lokal dengan jumlah siswa 113 orang. Sedangkan jumlah guru 14 ada 12 PNS dan 2 orang guru tidak tetap (GTT).

Karena letaknya yang lumayan jauh, proses belajar mengajar (PBM) dimulai pukul 07.45.

Pihak sekolah mengeluhkan belum bisa untuk mengakses internet di sekolah. Selain itu labor dan pagar sekolah juga belum ada “Kami berharap ada bantuan penambahan lokal, labor serta IPA dan komputer sehingga anak-anak kami tidak ketinggalan dibandingkan kawan-kawannya dari sekolah lain,” harapnya.

Anton, 49, guru Matematika mengatakan, antusias belajar siswa rendah, butuh motivasi-motivasi untuk membangun semangat mereka. (w)