Published On: Fri, Mar 10th, 2017

Servis Komputer Didominasi Instansi

BERITABENAR- Servis komputer kini telah menjadi kebutuhan atas teknologi sangatlah tinggi di masa sekarang. Hampir semua orang membutuhkan perangkat komputer, laptop, printer, dan sebagainya. Namun, setiap perangkat membutuhkan perawatan agar tidak mengalami penurunan performa atau rusak. Karena itu, peran jasa servis komputer sangat dibutuhkan.

Salah satu teknisi servis komputer di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Dahril Maulana, mengaku kerap mendapat konsumen dari instansi dan sekolah. Rata-rata konsumennya servis komputer dan laptop. “Kalau dipersentase sekitar 60 persen komputer dan 40 persen laptop,” jelasnya.

Kerusakan yang sering terjadi adalah performa komputer yang mulai menurun. Sehingga, perlu untuk dilakukan instali ulang. Setiap harinya, lanjut dia, selalu saja ada orang yang membutuhkan jasa servisnya. “Setiap hari ada satu hingga dua perangkat yang diservis,” katanya.

Sementara itu, toko tempatnya bekerja setiap harinya memperoleh pemasukan kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. “Paling ramai itu konsumen dari sekolah, karena sekali servis bisa hingga 5 CPU dan beberapa printer” tuturnya.

Terpisah, teknisi sekaligus pemilik jasa servis komputer di Jalan Gajah Mada, Hadi Purnomo mengatakan, konsumen yang sering datang berasal dari pegawai kantor.

Setiap bulannya, dia mampu meraup untung Rp 5 juta. “Pegawai kantor kerap butuh instali ulang windows, dan scan viriis. Kalau konsumen umum yang biasanya servis laptop,” ujarnya.

Menurut Hadi, menjaga performa komputer cukup mudah. Namun, terkadang banyak orang yang menghiraukan. “Setiap komputer memerlukan antivirus yang selalu update, agar tidak rentan terserang virus,” terangnya.

Lalu, CPU atau laptop juga perlu rutin dibersihkan, karena banyak debu yang menempel. “Debu yang menumpuk sangat mempengaruhi performa komputer, sebab perangkat mesin akan lebih mudah panas,” pungkasnya. (bgs/haf)

BCaption:
MEMPERBAIKI: Seorang teknisi komputer mengecek perangkat komputer. Bisnis servis komputer tumbuh di Bojonegoro.