Published On: Wed, Mar 2nd, 2016

GeramTolak KB, Bupati Purwakarta Sogok 25 Juta Untuk Warganya!

yohanes chandra ekajaya

Program Keluarga Berencana (KB) kini kembali dicanangkan di daerah Purwakarta, Jawa Barat. Tapi sayangnya, program yang sudah didirikan pemerintah itu tak sepenuhnya didukung oleh masyarakat. Hal itu terbukti, salah satu warga Purwakarta yang di kepalai Bupati atas nama Dedi Mulyadi hingga membujuk salah satu warganya agar mengikuti program KB.

Iran yang merupakan salah satu warga Desa Jatijajar, Purwakarta, Jawa Barat yang berprofesi sebagai pemulung menolak keras dengan adanya program KB yang diusulkan oleh Bupati Purwakarta. Oleh karena itu, agar usulannya itu terpenuhi Dedi Mulyadi memberikan tawaran menarik agar Irma mau mengikuti program KB. Ibu yang memiliki anak enak itu ditawarkan Rp 25 juta jika ingin mengikuti program ini.

Irma yang kesehariannya memulung sampah itu suka berkeliaran memunguti sampah yang bisa didaur ulang di sekitar jalan Tol Cipularang Kilometer 82. Sedangkan suaminya, Agus, bekerja sebagai pekerja serabutan. Tapi sayangnya, program KB yang diberikan pemerintah untuk meminimalisir kemiskinan tampaknya tidak berlaku untuk sang ibu satu ini, karena dia berpikiran justru dengan memiliki banyak anak akan menumbuhkan banyak rezeki.

Melihat keras kepala Irma, Bupati Purwakarta mengaku dirinya merasa pusing dan akhirnya mengambil tindakan dengan cara membujuk Irma, agar mau mengikuti program KB tersebut. Bupati menawarkan akan diberikan uang sebesar Rp 25 juta, bahkan Bupati juga akan membangunkan rumah untuknya.

Irma akhirnya mau memenuhi undangan yang diajukan Bupati. Sesampainya di rumah dinas, Irma mengungkapkan bahwa dirinya tidak mau bergantung dengan orang lain. Ia juga menyatakan, hasil dari bekerja sebagai pemulung sudah mencukupi kebutuhan hidupnya.