Published On: Wed, Mar 2nd, 2016

Setelah Digusur, Para PSK Kalijodo Lanjutkan Profesinya di Daan Mogot

Yohanes Chandra Ekajaya

Saat ini lokalisasi Kalijodo sudah rata dengan tanah. Namun para pekerja seks komersial (PSK) yang biasa mengais uang di tempat tersebut ternyata tidak meninggalkan profesinya. Mereka justru melanjutkan profesi haramnya tersebut ke daerah Daan Mogot, Jakata Barat.

Informasi ini dikatakan langsung oleh salah satu warga Kalijodo bernama Sulastri (46). Menurutnya, saat ini para wanita malam tersebut sudah pindah ke kawasan Jalan Daan Mogot. Selain itu, mereka juga tersebar di beberapa hotel yang ada di Jakarta Barat. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Metrotvnews (2/3/2016)

Sebelum Kalijodo dibongkar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ternyata para PSK yang kerja di tempat lokalisasi tersebut tinggal di rumah semi permanen yang berlokasi di Jalan Kepanduan I tepat di kolong jalan Tol Pluit-Grogol. Saat penggusuran Kalijodo berlangsung pada hari Senin (29/2/2016), para PSK Kalijodo ternyata melihat langsung proses penggusuran dari kejauhan.

Sama seperti Kalijodo, kawasan kumuh Jalan Kepanduan I juga akan dilakukan pembongkaran oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Menurut data yang dimiliki Camat Penjaringan, terdapat 230 KK yang tinggal di kawasan tersebut. Pemerintah tidak akan memberikan kompensasi apapun kepada warga. Sebab, mereka tinggal di tanah milik negara tanpa izin.

Sebenarnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah pernah membongkar kawasan kumuh tersebut di tahun 2006 dan 2007. Namun sayangnya warga tetap membandel dan kembali ke pemukiman kumuh tersebut.