Published On: Tue, May 17th, 2016

Setya “Papa Minta Saham” Novanto Resmi Jadi Ketum Golkar

setya-novanto-siap-pemilihan-ketum-golkar-tertutup-atau-terbuka

Meskipun sempat diterpa isu terlibat politik uang di Munaslub Golkar kemarin, namun sang Papa Minta Saham yakni Setya Novanto berhasil merebut kursi ketua umum partai Golkar untuk periode 2014-2019. Setya Novanto berhak menjadi ketua umum setelah rivalnya Ade Komarudin menyatakan mundur di voting kedua.

“Pak Nov sekarang 60 tahun, saya masih 50 tahun. Masih ada kesempatan saya di masa akan datang. Saya dan rekan-rekan saya akan berikan support Pak Nov dan nanti untuk kebesaran Partai Golkar,” ungkap Ade Komarudin saat di Munaslub partai Golkar kemarin seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Merdeka (17/5/2016).

Dengan mundurnya Ade Komarudin, Nurdin Halid selaku Ketua Steering Commitee langsung memutuskan Setya Novanto sebagai pengganti Aburizal Bakrie sebagai ketua umum Golkar. Setya Novanto akan memimpin partai beringin tersebut hingga tahun 2019 mendatang.

Nama Setya Novanto sendiri pernah mencuat lantaran kasus “Papa Minta Saham” dimana ia mencatut nama Presiden Joko Widodo demi mendapatkan saham di PT Freeport Indonesia. Terkait kasus ini, Setya Novanto pun mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPR RI di sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Selain kasus pencatutan nama presiden demi mendapatkan saham, berbagai kasus kontroversial pun menghiasi nama Setya Novanto. Beberapa kasus tersebut antara lain masalah pengadaan paket penerapan KTP Elektronik, suap pembangunan lanjutan tempat PON XVII dan juga kasus hak piutan PT Bank Bali kepada Bank Dagang Nasional Indonesia.