Published On: Mon, Feb 22nd, 2016

Sindikat Penipu OLX Raup Keuntungan Hingga Sepuluh Miliar Dalam Setahun!

Yohanes Chandra Ekajaya

Berita Benar – Kali ini Polda Metro Jaya berhasil meringkus sindikat penipu yang biasa menjalankan aksinya di situs jual-beli OLX. Tidak main-main, dari hasil pemeriksaan terungkap jika para penipu ini berhasil meraup penghasilan hingga Rp. 10,1 miliar hanya dalam kurun waktu satu tahun.

Sindikat penipu ini terdiri dari lima orang yakni ROB (32), Z(49), AS (23), HEN (34), dan BUR (33). Sindikat ini sangat profesional sehingga setiap anggota memiliki peran yang berbeda-beda. Saat ditangkap, polisi juga mengumpulkan berbagai barang bukti antara lain rekening dari berbagai Bank sebanyak 32, Komputer, Laptop, mobil Honda Freed, Honda CRV, Daihatsu Grand Max dab juga satu unit motor Yamaha Mio. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Antara News (22/2/2016).

Selain melancarkan aksi penipuan di situs jual-beli OLX, para komplotan ini juga melakukan penipuan di berbagai website lainnya seperti Kaskus, Bukalapak, dan lain-lain. Cara penipuan yang dijalankan oleh komplotan penipu ini sederhana. Para penipu menjual barang-barang fiktif di beberapa toko online. Setelah sang korban terjerat dan melakukan transfer ke rekening si penipu, para penipu pun langsung melarikan diri tanpa mengirim barang yang sudah dibeli oleh korbannya.

Menanggapi hal ini, komisaris Besar Polisi Mujiyono selaku Direktur Reserse polda Metro Jaya menyatakan jika para pelaku tersebut akan terjerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan dan tindak pidana pencucian uang. (fjr)