Published On: Wed, Mar 30th, 2016

Sore Ini, Pemerintah Tetapkan Harga Premiun dan Solar!

251112_DPE_SOLO_STOK-BBM-AKHIR-TAHUN1

Harga Bakar Minyak (BBM) sore ini rencananya akan dikeluarkan oleh Pemerintah. Harga yang berlaku unutk periode bulan 1 April hingga 30 Juni itu meliputi harga Premium dan Solar.

pada hari ini, Rabu (30 Maret 2016) sore ini Presiden Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa dengan sebutan Jokowi itu akan mengadakan rapat terkait harga BBM di Istana Negara, Jakarta, pada pukul 15.00 WIB.

Seperti yang Berita Benar lansir dari laman Metrotvnews yang menyebutkan dalam rapat terbatas ini Jokowi akan membahas perihal pengalihan subsidi solar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun ini, 2016.

Sudirman Said selaku Menteri Energi dan Sumber Data Mineral (ESDM) menyatakan untuk peiode per 1 April 2016 Bahan Bakar Minyak berjenis Premium dan Solar akan turun harga. Tapi, untuk harga penurunnya tidak akan terlalu jauh dari harga sebelumnya.

“Harganya akan turun, tapi belum pasti turun berapa,” ujarnya.

Penurunan harga yang tidak terlalu signifikan itu dialkukan dalam menjaga kestabilan harga. Menurutnya, kestabilan harga merupakan prinsip nomor satu. Hal ini melihat dari harga bahan baku, jika harga BBM turun bukan berarti harga barang lainnya akan ikut turun. Beda halnya, jika harga BBM naik, maka harga bahan baku pasti naik.

“Sebagai prinsip nomor satu, kita ingin menjaga kestabilan harga, artinya tidak akan naik turun yang berlebihan karena harus diingat selalu lihat lah seluruh studi, apakah penurunan BBM itu serta merta menurunkan harga-harga begitu,” kata Sudirman, seperti yang Berita Benar kutip dari Metrotvnews.