Published On: Wed, Jan 18th, 2017

Spanakopita Yunani Yohanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya Membuat Spanakopita

Spanakopita adalah salah satu makanan khas Yunani dimana bahan dasarnya mengunakan daun bayam dimana sering disebut juga dengan nama pai bayam,Yohanes Chandra Ekajaya kerap membuatnya dipadu dengan bahan-bahan lain seperti keju dan dipangang. Menu ini sangat cocok bagi anak kecil karna terkadang ada anak kecil yang kurang berminat mengkonsumsi sayuran, spanakopita ini dapat menjadi salah satu alternative yang sangat cocok disajikan.

Yohanes Chandra Ekajaya mencoba berbagi sedikit resep spanakopita khas Yunani, disamping bahan-bahan yang dibutuhkan mudah didapat cara pembuatnanya pun sangat simple dan mudah, berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan beserta langkah-langkahnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat spanakopita khas Yunani:

  • ½ kg daun bayam.
  • 2 sendok makan minyak zaitun.
  • ½ butir bawang bombay cincang kasar.
  • 2 ruas daun bawang potong lembut.
  • 150 gram keju feta remas hingga hancur.
  • 2 buah telur ayam.
  • 2 sendok makan daun parsley cincang halus.
  • 10 lembar kulit pie.

Resep J Chandra Ekajaya & J Wijanarko Membuat Spanakopita

Langkah-langkah membuat spanakopita khas Yunani:

  1. Pertama rebus daun bayam hingga layu kemudian tiriskan dan sisihkan.
  2. Tumis daun bawang dan bawang bombay hingga layu kemudian angkat dan tunggu sejenak, campurkan bayam yang sudah di tiriskan, daun parsley dan remahan keju feta aduk hingga merata setelah semua rata diamkan hingga dingin.
  3. kocok lepas 2 buah telur ayam campur dengan adonan yang sudah didinginkan sembari siapkan kulit beserta pinggan anti panas, oleskan terlebih dahulu minyak zaitun sebelum meletakkan kulit pie.
  4. Letakkan 3 lembar kulit pie di pinggan sejajar dengan pinggan diselingi dengan mengoleskan minyak zaitun disetiap menambah lapisan kulit pie.
  5. Setelah itu letakkan 4 lembar kulit pie mengeliling pada 4 sisi pinggan agar nanti dapat membungkus spanakopita dari 4 sisi permukaan pinggan.
  6. Masukkan semua adonan bayam kedalam pinggan sampai merata dan tutup lagi dengan 3 lembar sisa kulit pie.
  7. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celsius selama 30 menit, angkat dan sajikan dengan potongan sesuai selera.

Cukup mudah bukan membuat spanakopita Yohanes Chandra Ekajaya, bagi para pembaca sekalian tentu tidak akan sulit dalam menyajikan hidangan berbahan dasar sayur bagi buah hatinya yang cukup susah makan sayur, cara ini terbukti sangat manjur untuk membuat sang buah hati dapat mengkonsumsi sayuran.