Published On: Thu, Mar 2nd, 2017

Surat untuk Gubernur Jabar

BERITABENAR- YTH Bapak Gubernur Jawa Barat. Memasuki kepemimpinan Bapak,di periode ke-2 Jawa Barat, banyak perubahan terutama infrastruktur. Sekarang memasuki saat-saat akhir masa jabatan Bapak, berharap menjadi sebuah kenangan yang berkesan di masyarakat.

Telah kita ketahui bersama pasca rusaknya jembatan tol Cisomang yang marak diekspose berbagai media dan tak luput dari perhatian semua pejabat untuk melihat langsung kondisi jembatan tersebut.

Akibatnya, hampir setiap minggu dimuat soal pengalihan lalu lintas ke jalan arteri via Purwakarta-Padalarang ataupun sebaliknya, tentang kemacetan dijalan tersebut, dampak dari pengalihan kendaraan berat.

Hampir dua bulan kondisi tersebut dialami pemakai jalan arteri baik Jalan Jakarta-Bandung ataupun pemakai jarak pendek. Masyarakat sudah mengeluh karena dampak pada perekonomian sangat terasa.

Mohon perhatian Bapak. Keadaan ini sudah lebih dari darurat karena hampir setiap hari terjadi kemacetan karena menunggu penyelesaian jembatan bukanlah waktu yang singkat.

Kalau Bapak melihat langsung dalam keadaan macet total, jarak tempuh Bandung-Jakarta bisa sampai memakan waktu 11 jam. Ini luar biasa.

Dampak inilah yang tidak pernah dilihat oleh para pejabat ke lapangan untuk mencari alternatif penyelesaian atau meminimalisir masalah kemacetan.

Masyarakat berharap Bapak jadi penyambung lidah kepada pemerintah pusat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Karena kabar atau informasi yang beredar di masyarakat tentang dibukanya gerbang tol di KM 99 dan KM 107, sampai hari ini belum ada realisasinya.

Dampak lain untuk masyarakat lokal yang berada di jalur tersebut baik pegawai maupun pelajar, perjalanan mereka terhambat.

Pengusaha angkutan umum pun tidak mampu mencapai target setoran. Berapa kerugian yang harus ditanggung pengusaha dan masyarakat yang lain apabila kondisi tersebut terjadi dalam kurun waktu yang tidak bisa ditentukan?

Kebijakan Bapak adalah solusi bagi kami. Semoga kepemimpinan Bapak menjadikan teladan bagi pemimpin yang akan datang. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih kepada Redaksi “PR”

Engkun Kumiadi Kampung Sawit RT 6 RW 2 Desa Sawit, Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta
Surat untuk Gubernur Jabar