Published On: Fri, Jul 3rd, 2015

Tak Akan Ada Pernikahan Sesama Jenis di Indonesia!

Beberapa negara di beberapa benua telah mengesahkan pernikahan sesama jenis. Namun untuk Negara Indonesia sepertinya hal seperti itu tidak akan berlaku.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang Sosiolog dari Universitas Sebelas Maret, Solo, Rahesli Humsona. Ia mengungkapkan kalau pernikahan seperti itu tidak akan diterima di Indonesia, karena menyalahi berbagai aturan, baik perundang-undangan, norma-norma agama dan sosial di masyarakat kita.

Undang-undang yang telah ditetapkan untuk pernikahan sesama jenis ini tercantum dalam Undang-undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974. Hal ini seperti yang dilansir pada Rebublika, (Selasa, 30/0615).

Dalam UU yang ditetapkan tersebut, tidak ada peraturan yang tertulis bahwa pernikahan sesama jenis dapat dilakukan. Jika memang memaksa untuk melakukan, berarti pasangan LGBT tersebut telah menyalahi peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia.

Rahesli juga menambahkan, selain permasalah dengan undang-undang negara, pasangan sesama jenis yang ada di Indonesia juga akan sulit untuk menghadapi berbagai macam norma sosial dan norma agama yang berada di negara ini. Pernikahan beda agama saja sulit untuk dilakukan, terlebih lagi untuk yang sesama jenis seperti ini, akan semakin sulit diterima masyarakat dan tentunya akan banyak sekali penolakan di masyarakat yang berdatangan.

Penolakan yang datang juga tentu tak hanya dari masyarakat saja, sebab banyak kelompok-kelompok agama yang memiliki peran kuat di negara ini juga ikut turun tangan dalam menolak pernikahan beda agama. Bahkan tekanan yang datang bisa saja datang dalam bentuk politis, sebab para kelompok agama tersebut juga memiliki kekuatan itu, hal ini seperti yang ungkapkan langsung oleh Rahaesli.