Published On: Tue, Feb 21st, 2017

Tak Sekadar Cari Juara

BERITABENAR-Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kudus menegaskan lebih memilih mereka yang memiliki semangat lebih daripada mengandalkan mereka yang juara tapi ogah-ogahan dalam berlatih. Sebab, para talenta yang memiliki semangat ekstra itu akan lebih bisa diproyeksikan mendulang prestasi ketimbang mereka yang latihan hanya untuk hiburan mingguan.

Hal itu diungkapkan Ketua FPTI Kudus Yoyok Supriyanto kemarin. Menurutnya, mereka yang memiliki antusiasme tinggi lebih dibutuhkan. Itulah yang membuat beberapa atlet yang berlatih di rumahnya, bukan juara I atau II Kejurkab FPTI pada akhir tahun lalu.

“Mereka yang ikut berlatih justru para pemanjat yang bukan juara I atau II. Tkpi, semangat mereka memang berlebih. Antusiasme besan Itu yang lebih dibutuhkan memang,” katanya kemarin.

Mereka, lanjut Yoyok, mengikuti latihan pada sesi siang yang ditujukan untuk atiet usia SMP. “Sesi siang dimulai sekitar pukul 13.30 dan selesai pukul 15.00. Yang sore mulai pukul 15.30 sampai pukul 17.00,” kata dia.

Pengelompokan itu menurutnya penting, karena kemampuan mereka memang berbeda.
Ditambahkan, pada tahun ini ada beberapa kejuaraan panjat dinding di sejumlah kota. Mereka yang terbaiklah yang bakal diboyong ke ajang tersebut. “Tahun ini nanti, ada kejuaraan di Unnes, di Kodam juga ada,” tambahnya.

Dua nomor bakal diperlombakan dalam ajang itu, yakni lead dan speed. Kejuaraan ini bersifat umum, sehingga tidak ada batasan usia bagi mereka yang mengikutinya. Namun demikian, Yoyok belum bisa menyebut siapa saja yang bakal diturunkan di ajang itu.
“Masih dilihat perkembangan mereka,” pungkasnya. (fiil/aji)