Published On: Thu, Feb 4th, 2016

Telkom Bantah Jika Pemblokiran Netfix Karena Bisnis!

Sebelumnya, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan keputusan Telkom yang ingin memblokir layanan video streaming asal Amerika yakni Netfix. Saat itu, pihak Telkom beralasan jika Netfix tidak mengikuti aturan yang ada di Indonesia dan enggan bekerja sama dengan pihak provider lokal.

Keputusan dan juga alasan yang dikemukakan Telkom tentunya menghasilkan berbagai tanggapan dari masyarakat. Banyak yang menduga jika aksi pemblokiran ini hanya karena alasan bisnis semata dan keberadaan Telkom terancam dengan hadirnya Netfix di Indonesia.

Menanggapi isu ini, Jemy V. Confido selaku VP Consumer Marketing dan Sales dari PT. Telkom menyatakan dengan tegas jika aksi pemblokiran tersebut bukan karena bisnis. Selain itu, ia juga menyatakan pihaknya tidak takut untuk bersaing dengan Netfix. Senan, Netflix dan juga Useetv memiliki teknologi dan pangsa pasar yang jauh berbeda.

Selain itu, ia juga menanggapi jika memang Netfix masih belum mengantongin izin operasi dan juga peraturan di Indonesia. Karena itu, pihaknya akan sangat sulit berkoordinasi dengan Netfix.

“Telkom hanya ingin comply (memenuhi) aturan karena kalau Netflix beroperasi tanpa ada izin operasi, tanpa lisensi, tanpa membuka representasi perwakilan, sulit bagi Telkom untuk berkoordinasi dengan Netflix,” ungkapnya. Seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Liputan 6.

Jika kedepannya pihak Netflix memiliki itikad baik untuk mengurus izin operasi dan memenuhi peraturan yang berlaku di Indonesia. Jika semua prosedur telah dipenuhi, maka pihak Telkom pun membuka pintu lebar-lebar untuk saling bekerjasama.