Published On: Fri, Oct 21st, 2016

Terlalu Sering Menayangkan Iklan Perindo, 4 Stasiun TV Milik HT Ditegur KPI

Johanes Chandra Ekajaya

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akhirnya mengambil tindakan tegas kepada 4 stasiun TV milik Hary tanoe yakni MNC TV, I-News TV, Global TV dan RCTI karena terlalu sering menayangkan iklan dari partai Perindo. Menurut KPI, intensitas penayangan iklan tersebut sudah melewati batas wajar.

Melalui siaran pers yang diterima oleh tim redaksi Berita Benar, mars partai Perindo yang sering kali diputar oleh empat stasiun televisi tersebut sangat mengganggu kenyamanan masyarakat ketika menikmati layanan televisi. Tidak hanya itu, KPI juga menuturkan jika iklan partai Perindo yang disiarkan oleh keempat stasiun televisi tersebut tidak menaati tentang perlindungan kepentingan publik yang sebenarnya sudah diatur oleh Pemerintah.

KPI sendiri mengaku sudah menerima banyak sekali laporan dari masyarakat akan intensitas iklan partai Perindo yang terlalu sering. Kali ini KPI hanya melontarkan surat teguran saja. Menurut KPI, surat teguran tersebut dibuat sebagai bentuk pengawasan KPI atas peraturan yang telah tertuang di Undang-undang No. 32 Tahun 2002 yang mengatur tentang penyiaran. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Merdeka (21/10/2016).

Dengan adanya teguran ini, KPI berharap jika keempat stasiun televisi tersebut akan segera melakukan tidakan atas laporan masyarakat mengenai frekuensi iklan partai Perindo yang terlalu sering. Selain itu, KPI juga berharap agar keempat stasiun televisi tersebut bisa menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan.