Published On: Fri, Oct 23rd, 2015

Terlibat Kasus Korupsi, Dewie Yasin Limpo Langsung Didepak Dari Hanura

Pada hari ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menjadikan Dewi Yasin Limpo sebagai tersangka terkait kasus suap yang menimpanya. Wanita yang tercatat sebagai Anggota Komisi VII DPR RI ini diduga kuat menerima suap proyek pengembangan pembangkit listrik mikrohidro Papua.

Sebagai partai pengusung, Hanura langsung mengambil tindakan tegas atas aksi korupsi yang dilakukan oleh salah satu anggotanya. Tidak tanggung-tanggung, sejak terjirat operasi tangkap tangan oleh KPK beberapa hari yang lalu, Hanura langsung memecat Dewi Yasin Limpo sebagai kepengerusuan DPP Partai Hanura.

Menanggapi hal ini, Nurdin Tampubolon selaku Wakil Ketua Umum DPP Partai Hanura mengatakan jika pemberhentian Dewi Yasin Limpo dari jabatannya suda sesuai dengan AD/ART. Selain itu, ia juga menegaskan jika aksi korupsi yang dilakukan oleh mantan anggota partainya tersebut merupakan aksi individual dan tidak ada keterkaitannya dengan Hanura. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Liputan 6 (23/10/2015).

Karena aksi korupsi yang dilakukannya, Dewi Yasin Limpo pun terkena Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang saat ini sudah berubah menjadi UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Menurut informasi yang beredar, saat ini tersangka sudah dipindahkan dari ruang tahanan KPK ke Rutan Bambu. Menurut Yuyuk Andriati selaku Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK, pemindahan ini karena ruang tahanan yang ada di KPK sudah penuh.

<fjr>