Published On: Tue, Apr 12th, 2016

Ternyata Sepatu SAR Dibuat Oleh Pengrajin Magetan

570c692c36e21-sepatu-sar-buatan-magetan_663_382

Jawa Timur bukan hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang sering didatangi pengunjung dari mancanegara, tapi juga Kabupaten Magetan yang memiliki Telaga Sarangan itu juga mempunyai sentra industri yang tak kalah bagus dengan produk luar negeri.

Salah satu kerajinan sepatu yang terbuat dari kulit ini menjadi salah satu produksi unggulan di Magetan, Jawa Timur. Jangan sangka, sepeatu-sepatu buatan lokal ini sudah mampu menembus sejumlah institusi Pemerintah. Bahkan, sepatu Search and Rescue maupun sepatu militer memesan ke Magetan. Bukan hanya itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kabupaten Magetan juga ikut memesan sepatu SAR itu ke pengrajin Jawa Timur.

Waktu itu saya hanya diberi foto sepatu untuk patugas SAR. Setelah satu spesifikasinya, saya hanya membuat satu sepatu sebagai contoh,” kata Teguh Cahyono yang merupakan salah satu pengrajin sepatu, seperti Berita Benar kutip dari Viva, Selasa (12 April 2016).

Pengrajin itu juga menambahkan sepatu yang dibuatnya itu merupakan sepatu yang kuat untuk melawan segala medan rintangan. Oleh karena itu, pengrajin disana menjadikan kekuatan sepatu sebagai patokan utamanya.

“Kami memakai kulit, kain, benang, serta sol sepatu yang memiliki kualitas yang unggul,”ungkapnya.

Sepatu SAR yang dipesan oleh BPPD Magetan itu terbuat dari kulit sapi. Setelah satu sepatu buatan pengrajin itu rampung, mereka membawanya ke BPPD untuk diperiksa untuk melihat detail dari sepatu buatan dari pengrajin Magetan.

“Sehari setelahnya, mereka memesan 35 pasang sepatu dengan spesifikasi seperti yang saya buat itu, dengan harga Rp350 ribu perpasang,” tuturnya.

Sepatu buatan pengrajin Magetan itu tampaknya memuaskan bagi para petugas di BPPD. Bahkan, ada dari beberapa anggota BPPD lainnya yang langsung memesan sepatu langsung sesaat Teguh singgah ke kantornya.

Teguh bukan hanya membuat sepatu kulit untuk SAR, tapi dia jua pernah pesanan untuk anggota Paskhas, pasukan elite TNI Angkatan Udara.