Published On: Thu, Feb 23rd, 2017

Tiap Puskesmas Disediakan Kendaraan Operasional

BERITABENAR- Komitmen pemerintah daerah (Pemda) Konawe meningkatkan pelayanan kesehatan bukan isapan jempol semata. Selain menambah jumlah tenaga kesehatan serta peralatan di rumah sakit. Terbaru, di Puskesmas juga bakal disiapkan kendaraan operasional. Anggarannya sudah ada dalam APBD 2017.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe, Aris mengatakan, kendaraan dinas tersebut akan digunakan kepala puskesmas atau stafnya. Sedangkan ambulans akan stand by di puskesmas. “Selama ini, jarang ambulans stand by di puskesmas karena biasa digunakan untuk operasional. Nah, dengan pengadaan ini, diharapkan pelayanan kesehatan di setiap kecamatan bisa lebih cepat,” kata Aris, kemarin.

Lanjut dia, saat ini sudah ada 27 puskesmas di daerah lumbung beras itu. Akan tetapi, tahun ini juga ada rencana Pemda, akan ada tambahan satu puskesmas di wilayah Tonggauna Utara. “Kalau sudah dibangun, maka total semua 28 puskesmas. Semakin banyak maka akan semakin baik. Karena kesehatan itu mahal. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” jelasnya.

la juga berjanji untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Konawe. Apalagi dengan banyaknya program Pemda yang mendukung Dinkes, maka secara maksimal merealisasikan amanah bupati untuk mensejahterakan masyarakat dari aspek kesehatan.

“Salah satu misi Konawe adalah mewujudkan kualitas kesehatan menyeluruh. Artinya semua penduduk Konawe berhak mendapatkan pelayanan maksimal. Itu yang akan kita sajikan dan tingkatkan,” pungkasnya.

(c/hel)