Published On: Wed, Feb 22nd, 2017

TTG Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

BERITABENAR-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon kembali menggelar lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2017. Hal itu dilakukan, selain untuk mengetahui kemampuan masyarakat dalam pengembangan TTG juga sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Seksi (Kasi) TTG pada Dinsos Kota Cilegon, CM Dien Ras mengatakan, pendaftaran lomba TTG tahun ini akan dibuka pada tanggal 22 Februari hingga 31 Maret 2017. Adapun pesertanya selain kalangan umum juga dibuka untuk pelajar, mahasiswa, akademisi dan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) di setiap kecamatan. “Peserta bersifat umum, baik dari perorangan maupun kelompok dengan catatan produk-produkyang dilombakan adalah produk jadi dan asli buatan mereka sendiri,” katanya kepada Banten Raya, kemarin.

Menurut Dien Ras, lomba TTG sudah menjadi kegiatan tahunan. Hal itu dilakukan guna memacu masyarakat di Kota Cilegon agar terus berkreasi dan melakukan inovasi teknologi. Sebab, TTG sangat bermanfaat dan berkontribusi besar untuk kesejahteraan masyarakat. “Untuk pendaftarannya sudah bisa dilakukan besok (Hari ini-red). Kita juga sudah melakukan sosialisasi, baik dengan pemasangan pamplet di tempat umum, kita juga sudah lakukan ke sekolah-sekolah,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dien Ras menjelaskan, ajang lomba TTG juga sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat, karena melalui teknologi tepat guna akan mampu meningkatkan produktivitas serta dapat memacu masyarakat lebih kreatif dan inovatif. “TTG adalah ilmu pengetahuan yang diterapkan serta digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan alat-alatyangberguna. Selain itu, teknologi juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia karena di era sekarang teknologi berkembang cukup pesat,” jelasnya.

Dien Ras berharap, dengan dilaksanakannya lomba TTG akan dapat mengetahui apa yang dibutuhkan dalam pengembangan, karena teknologi tujuannya untuk mempermudah pekerjaan manusia dan bahkan TTG juga dapat meningkatkan nilai ekonomi. “Kita berharap agar teknologi yang dilombakan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Staff TTG pada Dinsos Kota Cilegon, Hadi Haryadi mengatakan, TTG itu memiliki peran penting dalam kehidupan
masyarakat demi wujudkan pemerataan pembangunan dan masyarakat dapat lebih mandiri serta dapat menumbuhkan daya saing yang sehat. “Kita memanfaatkan sumber daya lokal supaya kita bisa produktif, efisien, dan berdaya saing usaha,” katanya.

Hadi berharap, pelaksanaan TTG pada April mendatang dapat berjalan dengan baik dan pelaksaan itu dapat memberikan dorongan kepada masyarakat untuk lebih kratif dalam memanfaatkan teknologi sederhana yang ada disekitaran masyarakat. “Semoga kegiatan’ini berjalan sukses dan mendapatkan sambutan yang baik.”