Published On: Thu, Oct 1st, 2015

Unggah Video Polantas Minta Uang, Pria Ini Justru Dipenjarakan!

Sebuah video yang menunjukan aksi suap oleh salah satu oknum polisi lalu lintas. berhasil menjadi perbincangan panas para pengguna media sosial twitter dan juga Facebook. Namun sayangnya, sang pengunggah video tersebut justru ditangkap dan ditahan oleh pihak kepolisian kapolres Ternate.

Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Merdeka (1/10/2015), sang pengunggah video yang diketahui bernama Aldun Fiqri ini ditangkap pihak kepolisian dikarenakan tuduhan pencemaran nama baik institusi dan juga pribadi polisi. Dengan adanya kejadian ini, sebuah gerakan solidaritas #Save Adlun Fiqri pun muncul di media sosial. Bahkan salah satu pengguna Facebook dengan akun bernama Toety Feminisosialistha mengajak para netizen untuk mengirimkan SMS kepada Kapolres ternate agar Aldun Fiqri bisa terbebas dari hukuman.

Pada awalnya, Adlun Fiqri mengakui segala kesalahannya pada saat penilangan dilakukan. Namun anehnya, oknum Polantas tersebut justru meminta sejumlah uang kepada Aldun. Mengetahui adanya ketidak beresan dalam proses tilang, Aldun pun langsung menyatakan jika ia merekam praktek ilegal tersebut melalui ponsel miliknya dan akhirnya video itupun tersebar di Youtube.

Namun sayangnya, setelah tim redaksi Berita Benar melakukan penelusuran untuk mencari video berjudul Kelakuan Polisi Minta Suap di Ternate, sudah hilang dan tidak bisa ditemukan lagi di situs Youtube.

Hingga saat ini kepala Polres Ternate Ajun Komisaris Besar Kamal Baktiar masih belum memberikan komentar mengenai kejadian ini. Namun untuk menghindari berbagai spekulasi, Ajun Komisaris Samsudi Lossen yang merupakan Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres ternate menyatakan jika proses penahanan Adlun terkain dengan pelanggaran pencemaran nama baik institusi kepolisian. Selain itu, ia juga mengungkapkan jika saat ini proses penyelidikan masih berlangsung.

<fjr>