Published On: Thu, May 12th, 2016

Unik! Kartu Tani Bisa Jadi Pengganti Kartu Debit ATM

kartu-kredit-_160329150414-944

Dalam memudahkan petani dalam menjalankan usahanya, kini Pemerintah gandeng Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) akan meluncurkan Kartu Tani. Kartu yang dikhusukan untuk para petani itu akan disebar mulai pekan depan.

Asmawi Syam selaku Direktur Utama Bank BRI menjelaskan Kartu Tani merupakan kartu multifungsi yang bisa berperan juga sebagai kartu debit ATM, identitas pengajuan KUR, database pertanian hingga penghubung petani dengan offtaker seperti Bulog.

“Kartu ATM biasa kan hanya akses seputar perbankan, kalau ini mengakses juga database. Nanti, terlihat jumlah lahan berapa, luas lahan berapa, kebutuhan pupuk berapa, serta hasil panen dari si petani berapa,” kata Asmawi, dikutip dari Republika di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12 Mei 2016).

Asmawi juga menambahkan fungsi utama dari kartu Tani itu sebenarnya sebagai jembatan antara Pembeli dengan Petani. Contohnya, bagi petani tebu maka akan dihubungkan dengn petani gula, dengan begitu maka pabrik tebu akan memberikan informasi terkait produksi tebu kepada pabrik gula. Informasi itu bisa diakses melalui sistem yang nanti akan dioperasikan.

Kegunaan lain dari Kartu Tani yaitu sebagai kartu identitas untuk pengajuan KUR. Dengan begitu, maka petani tak perlu lagi repot-repot dalam mengurus pengajuan KUR, karena Kartu Tani sudah mencantumkan semua identitas petani.

“Ada data mengenai kepemilikan lahan, luas lahan, kapan perkiraan panen dalam kartu tersebut. Dari situ, perbankan akan memberikan kredit agar petani bisa melakukan penanaman,” ujarnya.