Published On: Tue, Dec 20th, 2016

Yohanes Chandra Ekajaya Bagi Tips Riset

Bagi seorang pengusaha yang sudah malang melintang di dunia bisnis e-commerce, Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa di sepanjang tahun ini (2016) hampir semua bisnis yang ada saat ini berkembang beralih dan melakukan inovasi dengan melebarkan sayap bisnisnya ke dunia internet. Tahun depan, penjualan secara online atau e-commerce di Indonesia diperkirakan akan meningkat secara tajam karena pengguna internet dan smartphone di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan, yaitu dua kali lipat dari 74,6 juta pengguna.

Yohanes Chandra Ekajaya Bagi Tips Riset

Yohanes Chandra Ekajaya mempunyai beberapa cara dan langkah praktis untuk melakukan riset dengan harga yang relatif murah. Menurutnya dengan melakukan langkah-langkah ini, maka calon pengusaha atau para pengusaha muda yang sedang merintis usahanya bisa melakukan riset dengan validasi yang tinggi tetapi dengan harga yang murah.

Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa hal yang pertama kali harus dilakukan adalah merencanakan riset pasar. Menurutnya jika riset ini sudah dilakukan tetapi tidak memberikan keuntungan secara signifikan, terlebih riset yang dilakukan ini hanya membuang tenaga, waktu, dan biaya, maka lebih baik calon pengusaha merencanakan riset pasar yang lain.

 

Yohanes Chandra Ekajaya Bagi Tips Riset2

Langkah kedua adalah mengembangkan rencana dengan mengumpulkan berbagai macam data secara efektif dan efisien. Menurut Yohanes Chandra Ekajaya, pengembangan rencana dalam riset sangat mempengaruhi pertumbuhan dan pengembangan bisnis. Sebab dalam fase ini para pengusaha mempunyai pijakan untuk memutuskan langkah selanjutnya dan menentukan tujuan yang menjadi prioritas utamanya.

Kemudian langkah ketiga yang digunakan oleh Yohanes Chandra Ekajaya adalah mencari data dan informasi yang berguna. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, maka memperoleh data yang akurat sudah cukup mudah. Pemerintah pun sudah menyediakan data perekonomian dan industri yang bisa diakses oleh siapa pun. Selain itu organisasi perdagangan, publikasi perdagangan, dan institusi akademik pun sudah menyediakan data secara gratis dan bisa diakses oleh publik.

Langkah keempat adalah mempergunakan data yang sudah diperoleh untuk menentukan dan memutuskan permintaan dan penawaran pasar. Yohanes Chandra Ekajaya menambahkan bahwa pada intinya, suatu usaha atau bisnis akan mempunyai kesempatan dan peluang yang tinggi jika ia bisa memenuhi kebutuhan dari permintaan pasar yang tinggi.