Published On: Thu, Jan 5th, 2017

Yohanes Chandra Ekajaya! Destinasi Wisata Terfavorit 2016

Berbarengan dengan tenggelamnya matahari 2016, seorang traveller berpengalaman bernama Yohanes Chandra Ekajaya merilis daftar tujuan wisata yang menurutnya paling populer. Selain sepuluh destinasi favoritnya di Indonesia, Yohanes Chandra Ekajaya, menginformasikan tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan Indonesia di sejumlah negara.

 

Penentuan tempat ini didasarkan pada penelitian Yohanes Chandra Ekajaya mengenai destinasi yang dimaksud. Di urutan pertama bercokol nama Ubud, Bali, sebagai tempat paling populer untuk dikunjungi tahun ini. Berikut sepuluh tujuan wisata paling populer di Indonesia tahun 2016 menurut para traveler.

 

Ubud, Bali

wisata ubud

Ubud masih menempati posisi teratas. Kawasan pedesaan di Pulau Bali ini bukan sembarang desa. Ubud adalah desa yang dikemas untuk wisata eksklusif. Pusat spa terbaik di Indonesia dan salah satu yang terbaik di dunia berada di Ubud.

 

Di sana juga terdapat cagar alam yang menjadi rumah aneka satwa, khususnya monyet. Tak ketinggalan pula bahwa Ubud adalah rumah bagi vila-vila dengan pemandangan super keren bak di surga.

 

Tampilnya Ubud di peringkat teratas menjadi bukti bahwa para traveler cenderung mengunjungi destinasi yang menawarkan pemandangan alam indah. Meski begitu, minat traveler untuk datang ke kota metropolitan juga terlihat masih tinggi dengan menempatkan Jakarta di urutan kedua. Mungkin daftar berikut bisa traveler jadikan sebagai gambaran tujuan traveling pada hari libur mendatang.

 

Yogyakarta

Yohanes Chandra Ekajaya! Destinasi Wisata Terfavorit 2016

Yogyakarta memang layak menyandang predikat istimewa karena setiap traveler yang sudah berkunjung selalu ingin kembali ke sana. Kota ini penuh dengan arsitektur mengagumkan dan suasana spiritual yang kental.

 

Destinasinya pun beragam. Mulai dari pantai hingga bangunan kuno peninggalan zaman kerajaan. Yogyakarta merupakan pusat kebudayaan di Indonesia. Tempat yang wajib dikunjungi setiap traveler adalah Malioboro.

 

Malioboro sebenarnya nama sebuah jalan yang dipenuhi oleh aktivitas perdagangan. Baik kuliner, toko pakaian, mal, maupun hotel. Selain sangat asyik untuk nongkrong, tempat ini juga tepat dipilih sebagai tempat untuk shopping.

 

Selain Malioboro, tempat lainnya yang wajib dikunjungi adalah Benteng Vredeburg, Keraton Yogya, Taman Sari (dibangun pada zaman Sultan Hamengku Bowono I tahun 1758-1765 yang semula berfungsi sebagai rumah peristirahatan keluarga kerajaan), dan Museum Sonobudoyo.

 

Bukit Lawang

Bukit Lawang mungkin terdengar agak asing. Namun, tempat ini menempati posisi empat sebagai tujuan wisata paling populer tahun ini versi Yohanes Chandra Ekajaya.

 

Bukit Lawang adalah destinasi wisata populer yang berlokasi di ujung Taman Nasional Gunung Leuser. Sedangkan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) adalah kawasan konservasi flora dan fauna yang terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Di sini terdapat konservasi dari hewan langka seperti orang utan dan harimau Sumatera.

 

Senggigi

Pantai Senggigi di Lombok sama terkenalnya dengan Pantai Kuta di Bali. Senggigi adalah salah satu spot menyelam favorit para traveler dunia.

 

Di kawasan ini traveler akan menemukan Pura Batu Bolong, sebuah kuil Hindu yang dibangun di atas lengkung batu nan dramatis. Yang tidak kalah dramatis di Senggigi adalah fenomena sunsef-nya. Semua traveler dibuat kagum dengan matahari terbenam di Senggigi, bahkan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

 

Labuan Bajo

wisata labuan bajo

Labuan Bajo adalah sebuah desa nelayan kecil yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Di tempat ini terdapat pelabuhan yang menjadi pintu gerbang wisatawan yang ingin pergi ke Pulau Komodo dan gugusan pulau kecil lainnya.

 

Perairan di Labuan Bajo terkenal sangat jernih dengan pemandangan yang indah. Baik di permukaan maupun di dalam lautnya. Tak heran jika daerah ini kini menjadi buruan para traveler, baik dari dalam maupun luar negeri.

 

Kuta, Bali

Daerah ini sudah sangat terkenal ke penjuru dunia, bahkan traveler yang belum pernah datang ke sana pun pasti sudah familiar dengan nama Kuta. Pantai Kuta begitu terkenal dan menjadi pusat konsentrasi wisatawan dunia yang berlibur di Bali.

 

Di pantai ini traveler bisa menyaksikan sunset yang sempurna selain berenang, berselancar, atau berjemur di pantainya yang indah. Kalau mau, warga sekitar ada yang menawarkan jasa pijat di pinggir pantai atau mengepang rambut seperti gaya reggae.

 

Tempat Favorite Turis Di Mancanegara

 

Banyak dari orang Indonesia yang rela merogoh kocek besar hanya untuk traveling. Beberapa di antaranya bahkan memilih travelling ke mancanegara. Berikut destinasi wisata favorit turis Indonesia di kawasan Asia Pasifik sepanjang 2016, seperti ditulis oleh Yohanes Chandra Ekajaya:

 

Singapura

Singapura menjadi salah satu pusat keuangan dunia. Selain karena kotanya yang modem, Singapura juga merupakan salah satu surga berbelanja yang memiliki banyak wahana atraksi favorit sekaliber Universal Studio. Tidak heran jika banyak wisatawan Indonesia yang berlibur ke Singapura.

 

Pulau Penang, Malaysia

Pulau Penang adalah salah satu negeri yang termaju dan terkaya di Malaysia. Keindahan alam dan pantainya cukup memukau. Yang paling menarik adalah Penang Hill. Tempat ini menawarkan pemandangan indah ke arah kota Penang. Untuk naik ke atas bukit bisa dengan hiking atau kereta khusus. Di atas puncak, pengunjung bisa menikmati taman bunga, kupu-kupu, dan taman burung mini.

 

Seoul, Korea Selatan

Kota ini menjadi pusat politik, budaya, sosial, dan ekonomi di Korea Selatan dari Asia Timur. Tata kota, keindahan alam, dan budayanya bisa membuat para wisatawan berdecak kagum. Booming-nya drama Korea dan K-pop di Indonesia, makin menjadikan Seoul sebagai tempat favorit untuk para turis Indonesia.