Published On: Wed, Dec 28th, 2016

Yohanes Chandra Ekajaya Sang Pengusaha Kantong Plastik

Yohanes Chandra Ekajaya merupakan seorang sosok pengusaha muda yang sukses lewat merek kantong plastiknya yang ramah lingkungan dengan hasil inovasi produknya. Menurutunya, hanya dibutuhkan sekitar dua tahun untuk menguasai sekitar 80% pasar kantong plastik di Indonesia.

Yohanes Chandra Ekajaya Sang Pengusaha Kantong Plastik

Meski plastik telah menjadi tempat berburu rupiah baginya, Yohanes Chandra Ekajaya tak sedikitpun menutup mata terhadap potensi yang berbahaya untuk produk plastik tersebut. Jika biasanya plastik mampu bertahan selama 1000 tahun, Yohanes Chandra Ekajaya kemudian melakukan riset besar-besaran dan berhasil melakukan sebuah terobosan dengan memperpendek usia dari plastik tersebut. Plastiknya yang bernama Blackstick tersebut ternyata sukses di pasaran karena tawaran produk dari Yohanes Chandra Ekajaya mengutamakan pada usia plastik yang pendek. Resep tersebut ternyata menggunakan tepung singkong dan zat adiktif.

Yohanes Chandra Ekajaya Sang Pengusaha Kantong Plastik1

Pada akhirnya, lebih dari delapan tahun berkutat pada lab riset di pabriknya di Serang, ia berhasil membuat inovasi yang sangat membuahkan hasil. Kedua produknya tersebut sukses ditetaskan dengan diberi merek serta kualitas yang siap untuk dipasarkan. Plastik miliknya tersebyt adalah plastik yang diciptakannya dari singkong, dimana memiliki fungsi dalam mempercepat penguraian plastik.

Kedua produk tersebut akhirnya dapat diuji di berbagai lembaga riset serta pengujian di Indonesia dan telah terbukti mampu sekaligus mempercepat proses penguraian plastik menjadi hanya dua tahun saja. Yohanes Chandra Ekajaya menceritakan bahwa salah satu alasan ia sukses di bisnis tersebut adalah karena ia melakukan riset, merestrukturisasi perusahaan, menyiapkan para tenaga professional, sadar akan tantangan, fokus pada riset, mempersiapkan tujuan riset, bermitra, serta merencanakan perluasa lini produk

Yohanes Chandra Ekajaya Sang Pengusaha Kantong Plastik3

Kini, omzet hingga ratusan juta rupiah berhasil ia dapatkan setiap bulannya. Setelah mendapatkan omzet ratusan juta rupiah tersebut, Yohanes Chandra Ekajaya kemudian terus mengembangkan sektor produknya. Yohanes Chandra Ekajaya menceritakan bahwa ia terus berinovasi baik layanan, kualitas produk, dan sebagainya. Ke depan, Yohanes Chandra Ekajaya dengan inovasi bisnisnya terus mengembangkan bisnisnya agar mampu bersaing di tengah industri pasar domesik maupun pasar mancanegara.