Published On: Thu, Jan 26th, 2017

Yohanes Chandra Ekajaya Sukses Berkat Sapi Perah

Yohanes Chandra Ekajaya seorang pebisnis dan pengusaha sukses Indonesia, kembali melebarkan bisnisnya di dunia perbisnisan Indonesia. Kini bukan di sector fashion atau jasa namun di sektor peternakan. Sapi perah kini menjadi incaran bisnis baru oleh seorang Yohanes Chandra Ekajaya.

Yohanes Chandra Ekajaya Sukses Berkat Sapi Perah 1

Awalnya Yohanes Chandra Ekajaya membeli 10 ekor sapi perah untuk memulai bisnisnya, Kabupaten Paasuruan menjadi lokasi yang dipilihnya untuk mendirikan bisnis ini. Kota ini dipilih karena memang pasuruan sudah menjadi penghasil susu Sapi Perah di Indonesia serta suplai makanan yang mudah di dapatkan di kota ini.

Yohanes Chandra Ekajaya berpendapat, usaha ternak sapi perah bakal semakin prospektif lantaran kebutuhan susu murni nasional terus meningkat. ”Kesadaran masyarakat kita meminum susu semakin hari semakin baik. Itu berdampak bagus bagi peternak seperti kami,” tuturnya.

Yohanes Chandra Ekajaya Sukses Berkat Sapi Perah 3Kendala utama yang dihadapi petani sapi perah itu sendiri adalah ketika harga jual susu di tingkat koperasi pengepul susu anjlok, secara otomatis petani sapi pun mengalami imbasnya. Oleh karena itu Yohanes Chandra Ekajaya dan petani Sapi Perah terus menjalin kerjasama dengan pihak lain seperti produsen susu nasional agar menstock susu sapi murni dari mereka.

Kini usaha Yohanes Chandra Ekajaya berkembang pesat dari yang tadinya hanya memiliki 10 ekor sapi perah, sekarang sudah menjadi 25 ekor sapi perah. amun, tak semua sapi perahnya dia pelihara sendiri di lahan ternaknya yang seluas empat hektare. Lantaran lahan itu terlalu sempit, Chandra hanya mampu memelihara 12 ekor sapi. Selebihnya, sapi-sapi dia titipkan kepada orang lain dengan sistem bagi hasil. Setiap sapi rata-rata dapat menghasilkan 10 liter susu segar per hari.

chandra-ekajaya-superfood-bantu-atasi-rasa-letih-dan-lelah/Dengan harga susu segar Rp3.000 per liter, Yohanes Chandra Ekajaya mampu meraup penghasilan Rp360.000 per hari atau sekitar Rp10,8 juta per bulan, hanya dari 12 ekor sapi yang dia pelihara sendiri. ”Dari usaha tersebut sudah cukup memenuhi kebutuhan keluarga,” ujar Yohanes Chandra Ekajaya.

Yohanes Chandra Ekajaya pun sangat senang karena bisa memberikan dampak yang baik bagi peternak sapi perah di sekitarnya. Saling bahu membahu dalam meningkatkan penjualan sapi perah, walapun mereka adalah kompetitor bisnis secara tidak langsung. Tapi hal inilah yang menjadikan susu perah semakin mendapatkan pasaran di dunia bisnis peternakan Indonesia